Kemenag Logo

Dalam seminggu ini, MAN 2 Pekanbaru sudah dua kali menerima tamu dari Provinsi Sumatera Barat. Rabu lalu dari MTsN 1 Payakumbuh dan pada hari ini, Jum'at (14/06/2024) rombongan MAN 1 Kota Payakumbuh juga berkesempatan mendatangi MAN 2. Sama seperti sebelumnya, berbagai sekolah dan madrasah yang melakukan studi tiru ini berharap bisa menyerap ilmu-ilmu dari MAN 2 yang memiliki program unggulan seperti Kelas Internasional, Kelas Olimpiade, Kelas SKS dan yang paling terbaru terkait penerapan kelas digital. 

Dihadiri sekitar 29 orang, rombongan ini disambut dengan kompang dan pemakaian tanjak oleh Kepala MAN 2 kepada Pengawas Madrasah Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Payakumbuh. Bertempat di Aula Mini, sambutan hangat diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur'an oleh ananda Aisyah peraih juara 1 Qori'ah Internasional di Qatar tahun 2021. Ikut dalam rombongan Pengawas Madrasah, Idris Arifin yang sempat ikut dalam rombongan MTsN 1 pada Rabu lalu; Jajaran Komite; Kepala Madrasah, Suhardi; Para Wakil Madrasah dan Koordinator serta guru MAN 1 Payakumbuh. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada MAN 2 yang telah menerima kunjungan kami yang sempat tertunda akibat bencana longsor yang terjadi di Sumbar pada beberapa waktu lalu. Dan pada hari ini, akhirnya Allah beri kesempatan istimewa dapat berkunjung kesini", ucap Suhardi. 

Kunjungan ini bertujuan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya dari MAN 2. Setidaknya lebih dari 50% rahasia-rahasia sukses MAN 2 yang harus bisa dibawa ke MAN 1 Payakumbuh, harap Suhardi. 

Ghafardi juga dengan antusias menjelaskan program dan keberhasilan yang diraih oleh MAN 2 yang tidak terlepas dari bantuan tim dan guru-guru hebatnya. Dengan sangat bangga, Ghafardi memperkenalkan wakil dan tim gurunya. "MAN 2 sangat terbuka untuk berbagi ilmu. Mulai dari pengelolaan kelas-kelas program sampai kepada yang terbaru yakni kelas digital yang baru saja diresmikan pada tahun lalu. Tahun ini lanjut akan ada 11 kelas yang sudah menggunakan IT Board", lanjut Ghafardi.

Setelah diskusi tanya jawab antar kedua madrasah, selanjutnya rombongan dibawa menuju kelas digital. Disana sudah standby operator dan Tim Akademik yang langsung memperagakan IT Board. Disamping itu, Kelas Internasional dan Kelas Olimpiade juga menunjukkan taringnya dihadapan rombongan. Masing-masing tim dari kelas tersebut saat ini sedang melakukan persiapan lomba, seperti KSM dan OSN yang terfokus di gedung Laboraturium Olimpiade Terpadu. (HUMAS MAN 2)