Kemenag Logo

Rombongan MTsN 1 Kota Payakumbuh tiba di MAN 2 Pekanbaru pada pagi Rabu (12/6/2024). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka studi tiru terhadap berbagai program unggulan MAN 2 khususnya program kelas digital yang sudah dijalankan hampir setahun terakhir di MAN 2.

Hadir sebanyak 24 orang dalam rombongan yang terdiri dari Pengawas Madrasah, Komite, Kepala Madrasah, Wakil Madrasah, Guru dan Tim IT. "Kami mengucapkan terima kasih karena MAN 2 sudah menerima kami yang ingin belajar dengan melihat secara langsung bentuk dan kondisi kelas digital dan kelas lainnya yang merupakan program dari MAN 2 agar bisa diterapkan di madrasah kami. Setelah dari sini, saya berharap teman-teman yang saya bawa bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah diberikan oleh MAN 2", harap Ermita selaku Kepala MTsN 1 Kota Payakumbuh.

Ermita mengaku sudah pernah melakukan kunjungan ke MAN 2 pada Februari lalu bersama rombongan Kelompok Kerja MTs Provinsi Sumatera Barat. Dari kunjungan tersebut, Ermita terinspirasi untuk membawa para wakil madrasah dan gurunya mempelajari program yang ada di MAN 2.

Kunjungan ini diterima baik oleh Kepala MAN 2, Kepala TU, para wakil dan koordinator madrasah di aula mini. Ghafardi dengan sangat antusias memperkenalkan beberapa program unggulannya. "Bulan Agustus tahun 2023, Kelas Digital di MAN 2 sudah diresmikan oleh Kakanwil Kemenag Riau. Saat itu baru 4 kelas yang kita projectkan sebagai kelas digital. Tahun ini, seluruh kelas X (sepuluh) tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 11 rombel akan difasilitasi untuk kelas digital seluruhnya", ungkap Ghafardi.

Disamping itu, dilakukan juga sesi diskusi antar kedua madrasah untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman baru guna memberikan hal terbaik untuk kedua madrasah kedepannya. Selesai pertemuan, Tim IT MAN 2 memperagakan langsung bentuk IT Board dan perangkatnya yang digunakan dalam kelas digital. Tidak hanya itu, rombongan juga dibawa ke Labor Olimpiade Terpadu untuk melihat kondisi siswa/siswi yang saat ini sedang melakukan persiapan OSN. Pembina dari Kelas Internasional juga turut menjadi tour guide rombongan yang ingin mengetahui lebih dalam program unggulan dari Kelas Internasional. (HUMAS MAN 2)