Kemenag Logo

Pekanbaru (inmas), Pada hari Jum’at (07/06) yang lalu Muhammad Yamin, S.Ag Penyuluh Agama Islam Non PNS pada Kantor Urusan  Agama (KUA) Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru dinobatkan sebagai narasumber pada Program Religi di Radio Republik Indonesia (RRI) Pro Empat Pekanbaru. Senin (10/06/2024).

Adapun judul materi yang disampaikan oleh Muhammad Yamin yaitu” Amalan-Amalan di bulan Zulhijjah”. Menurutnya ada beberapa amalan-amalan di bulan Zulhijjah, Pertama: Berpuasa. Dengan niat Naiwaitu shauma ghadin fi syahri Zulhijjah sunnatal lillahi ta’ala. Sengaja aku berpuasa esok hari di bulan Zulhijjah sunnah karena Allah ta’ala. Siapa yang berpuasa di hari Arafah (9 Zulihijjah) maka akan dihapuskan dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Kedua : Berzkir, banyak memuji Allah. Karena Allahlah yang wajib kita puji. Caranya perbanyak membaca takbir. membesarkan Allah SWT. Ketiga: Berkurban yaitu menyembelih hewan di hari raya Idul Adha (10 Zulhijjah) atau hari Tasyrik (11,12 dan 13 Zulhijjah). Ungkap Muhammad Yamin.

Usai memberikan pemaparan materi, setelah selingan dilanjutkan dengan dialog interaktif dengan para pendengar RRI Pekanbaru yang dipandu oleh Harun Al-Rosid. Alhamdulillah  acara  yang digelar mulai pukul 09.00  s/d 10.00 WIB berjalan lancar dan sukses. (idris)