Kemenag Logo

Pekanbaru (Inmas). Kementerian Agama Kota Pekanbaru mengikuti rapat koordinasi kehumasan dan penyusunan formasi usul Pranata Humas untuk Kantor Kemenag Kab/Kota melalui zoom meeting pada Rabu (05/06/2024) yang bertempat di aula mini kantor Kemenag.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ka.Subbag TU H.Abdul Wahid, Analis Kepegawaian Muhammad Faisal, Stetia Maharani, dan Iswanda dan Pranata Humas Meyyola Sandy, serta pengelola kehumasan Yuslita.

Adapun rapat koordinasi kehumasan tersebut dibuka secara langsung oleh Plt Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Riau Rahmat Suhadi. Dalam sambutan pembukaannya beliau menjelaskan terkait peraturan kebijakan KMA 284 terkait pedoman pengelolaan kehumasan pada Kementerian Agama.

Beliau menyampaikan bahwa pada jabatan Pranata Humas ini sangat perlu perhatian besar, dikarenakan prahum merupakan jabatan yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan publik baik melalui media sosial, melalui grup Whatsapp dan website. Kedepannya dalam hal website yang ada hanya akan terdiri dari 4 website yang terkoordinasi dengan HDI Kemenag pusat, yakni Website HDI Pusat, website Kanwil Kemenag Provinsi, website Perguruan Tinggi, dan Website madrasah.

“Dalam pengelolaannya, Kemenag Kab/Kota tidak akan mengelola website, tetapi dengan menjadi kontributor dan pelaporan beritanya melalui Admin Kanwil Kemenag Provinsi” tutur Rahmat Suhadi.

Rahmat Suhadi juga berharap dengan adanya KMA No 284 ini, pengelolaan informasi melalui media sosial lebih ditingkatkan lagi, mengingat sekarang ini informasi harus dapat dipublikasikan kepada masyarakat, seperti halnya informasi haji, kegiatan wajib halal, dan informasi lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pranata Humas Kanwil Kemenag Provinsi Riau Nuhasanah menjelaskan terkait materi penyajian berita yang benar, penggunaan bahasa yang baik dalam berita, serta menyampaikan hal yang boleh dan tidak boleh dituangkan dalam penyajian berita. Selain itu, beliau juga menyampaikan cara pengisian blanko penghitungan untuk usulan kebutuhan pada jabatan Pranata Humas di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

===========
By:Inmas Kemenag Pekanbaru