Kemenag Logo

Pekanbaru (Inmas). Hari Rabu, 22 Mei 2024, bertempat di SMP Negeri 34 Pekanbaru, Kasi Pais Drs.Marzai yang merupakan perwakilan dari Kantor Kemenag Kota Pekanbaru menghadiri acara Khatam Al-Qur'an dan Perpisahan Kelas IX SMP Negeri 34 Pekanbaru.

Kedatangan Kasi Pais disambut oleh Kepala Sekolah Sri Tuti Wahyuni, S.Pd, M.SI dan Ketua Komite sekolah Wiratno. Dalam acara tersebut Kasi Pais didampingi Pengawas PAI yaitu H. Aswad, S.Ag, MA. Hadir juga perwakilan dari Dinas Pendidikan kota Pekanbaru, Lurah Maharatu Joko Arif S.STP M.Si dan Kepala Sekolah SMPN yang turut diundang, serta wali murid kelas IX.

Acara dimulai dengan pawai dan diiringi oleh penampilan Drum band, selanjutnya pada kesempatan tersebut juga Pengawas PAI turut membaca do'a, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran dan tepuk tepung tawar oleh Kasi Pais, pengawas PAI, Lurah Maharatu, kepsek SMP Negeri 34 pekanbaru, ketua komite, wali kelas dan wali murid. Secara bergantian.

Kemudian dilanjutkan dengan acara khatam Al-Qur'an oleh siswa-siswi kelas IX.

Pada tahun ini, SMP Negeri 34 Pekanbaru melepas 307 siswa-siswi.

Dalam sambutan nya kasi Pais Drs. Marzai menyampaikan mewakili Kemenag kota Pekanbaru mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas undangan khatam Al-Qur'an hari ini.

"Kami berharap agar kegiatan keagamaan terus dilanjutkan dan ditingkatkan agar mereka memperoleh keseimbangan antara dunia dan akhirat serta tidak ketinggalan antara materi pengetahuan dan ketrampilan keislaman. Sehingga kita merasakan "Sekolah Serasa Madrasah"ungkap Kasi PAIS

Kasi Pais juga memberikan pesan bahwa untuk terus melanjutkan untuk selalu membaca Al-Qur'an.

"Kepada ananda yang berkhatam, saya mengingatkan bahwa dalam acara Khatam Al Qur'an ini bukan berarti tamat, selesai dan tidak membaca Alquran lagi, tapi jadikan khatam ini sebagai penyemangat untuk membaca Alquran. Teruslah membaca Alquran, dan jadikan Alquran sebagai pilar meraih cita cita kalian, semoga kalian jadi orang orang hebat dan bermartabat" tutup Drs. Marzai.

Kepala SMP Negeri 34 Pekanbaru, yaitu Sri Tuti Wahyuni, S.Pd, M.SI menyampaikan bahwa siswa/siswi di SMPN 34 Pekanbaru butuh kekuatan dasar spiritual, dari awal PPDB mereka wajib bisa mengaji.

"PPDB tahun ini anak baru wajib membawa Al-Qur'an dan peralatan sholat dan di test mengaji, dan sekolah akan mempersiapkan tim untuk menguji setiap siswa baru" tutup Sri Tuti Wahyuni.

Acara ditutup dengan penyerahan kembali siswa-siswi kepada orang tua wali dan Foto Bersama serta penampilan hiburan.