Kemenag Logo

Pekanbaru (Inmas). Penyuluh Agama Madya KUA Kecamatan Tenayan Raya Nia Dahlia, S.Ag mengikuti kegiatan pelatihan Deteksi Dini Konflik Sosial Keagamaan yang ditaja oleh Balitbangdiklat Kementerian Agama yang dimulai pada tanggal 6 sampai dengan 10 Mei 2024, yang bertempat di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Ciputat Banten.

Selain Nia Dahlia, terdapat juga 2 perwakilan lainnya dari Provinsi Riau yakni Edi Rahat S.Fil.I selaku Penyuluh Agama Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir dan Alimasa Gea, S.Ag, M.Pd selaku Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Riau.

Mengutip penyampaian Kepala Badan Litbang Kementerian Agama Suyitno, yang mengatakan bahwa Pelatihan Deteksi Dini ini penting untuk dilakukan dan diikuti guna membekali peserta dalam mendeteksi, menganalisa, dan memitigasi Konflik beragama.

Dalam pelatihan ini, diharapkannya para peserta bersungguh-sungguh, dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari apa yang disampaikan oleh para narasumber. Dengan adanya pelatihan ini, dapat memberikan ilmu, wawasan terkait deteksi dini konflik sosial beragama khususnya yang terjadi di masyarakat.

Adapun peserta dari pelatihan deteksi dini ini berasal dari seluruh Indonesia yang terdiri dari Angkatan I, II, III, IV, dan V.

Kehadiran para peserta pelatihan selain untuk menimba ilmu dan menambah wawasan akan pentingnya memahami deteksi dini terhadap konflik agama yang terjadi di masyarakat, juga menjadi ajang silaturrahmi antar sesam Penyuluh di seluruh Indonesia.

==========

By: Inmas Kemenag Pekanbaru